Ini Gejala Katarak pada Bayi yang Diderita Anak Asri Welas

Selasa, 12 September 2017 - 15:55 WIB
Ini Gejala Katarak pada Bayi yang Diderita Anak Asri Welas
Ini Gejala Katarak pada Bayi yang Diderita Anak Asri Welas
A A A
JAKARTA - Tak hanya pada usia dewasa, katarak juga bisa menyerang anak-anak, khususnya mereka yang masih bayi. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari inveksi virus atau parasit seperti toksoplasma dan rubella.

"Katarak adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan keausan pada lensa mata. Akibatnya, lensa menjadi keruh (berselaput). Cahaya yang masuk ke dalam mata menjadi sulit mencapai retina jadi terpancar dan pandangan menjadi kabur," papar dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (JEC), Setio Budi Riyanto.

Pada usia dewasa, kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala pandangan yang kabur. Sementara pada bayi, gejala yang timbul bisa terlihat sejak lahir dengan munculnya warna putih di tengah mata pada bagian pupil atau layaknya mata kucing.

"Misalnya saat bayi merangkak, bayi akan menabrak-nabrak. Berati ada gangguan penglihatan. Pada tahap awal, katarak tidak menimbulkan rasa sakit hingga seseorang tidak menyadari menderita katarak. Namun jika dibiarkan, lensa mata bisa semakin keruh dan menyebabkan kebutaan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5549 seconds (0.1#10.140)